Laylatul Qadr: The Night of Power

The Night of Power Laylatul Qadar, Dengan berakhirnya bulan Ramadhan, upaya terakhir kami adalah mendapatkan imbalan sebanyak mungkin. Dalam sepuluh hari terakhir ada peluang khusus bagi mereka yang mencarinya: Laylatul Qadr. Artikel ini mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang malam yang diberkati ini insya Allah.

Apa itu Laylatul Qadr?

Laylatul Qadr diterjemahkan menjadi The Night of Power . Al-Qur’an menggambarkan malam ini sebagai ‘lebih baik daripada seribu bulan’ (Al-Qadr 97: 3).

Kapan Laylatul Qadr?

Malam yang diberkati ini dapat ditemukan di salah satu dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Ada berbagai pendapat tentang hari apa itu tiba tetapi, untuk berada di sisi yang aman, kita harus berkomitmen untuk melakukan tindakan ibadah ekstra pada sepuluh malam. Dengan melakukan itu kita tidak hanya akan mendapatkan lebih banyak hadiah tetapi kita tidak akan mengambil risiko melewatkan malam yang diberkati ini.

Apa saja tanda-tanda Laylatul Qadr?

Bertentangan dengan kepercayaan populer, tidak ada tanda-tanda khusus untuk malam ini. Namun, inilah yang dialami orang-orang di malam hari:

  • Dikatakan bahwa karena para malaikat turun pada malam ini, kita mungkin merasakan ketenangan dan kedamaian pikiran yang aneh dan dikuasai oleh kelembutan hati yang unik.
  • Malam itu tidak terlalu panas atau sangat dingin tetapi malam hari
  • Matahari yang terbit pada hari berikutnya tidak terlalu panas

Apa imbalan dari Laylatul Qadr?

  • Abu Hurayrah menceritakan bahwa Nabi (saw) berkata: ‘Siapa pun yang berdiri (dalam doa malam sukarela) Ramadhan karena iman dan dengan harapan imbalan, dosa-dosanya sebelumnya akan diampuni. Dan siapa pun yang menghabiskan malam Laylatul Qadr dalam doa karena iman dan dengan harapan imbalan, dosa-dosanya yang sebelumnya akan diampuni. ‘ ( Sunan an-Nasa’i )
  • Setiap tindakan yang dilakukan pada malam ini seperti membaca Al-Qur’an dan mengingat Allah, lebih baik pada malam ini daripada melakukan tindakan yang sama selama seribu bulan.

Apa yang harus saya lakukan pada Laylatul Qadr?

Ada banyak cara untuk mendapatkan hadiah pada malam yang diberkati ini:

  • I’tikaf: Tetap di I’tikaf, jika memungkinkan – ini adalah cara terbaik untuk menangkap malam ini
  • Ibadah: Berkonsentrasi pada doa dan ibadah. Du’a terbaik untuk malam ini adalah:

  اللهم انك عفو, تحب العفو فاعف عني Allahumma innaka ‘afuwwun, tuhibbul-‘afwa, fa’fu’ anni (Ya Allah, Anda yang paling pemaaf, dan Anda mencintai pengampunan; jadi maafkan saya)

  • Memberi sedekah:  Imbalan untuk tindakan benar apa pun yang dilakukan selama malam ini setara dengan yang telah melakukan tindakan yang sama selama lebih dari 83 tahun!
  • Makan dengan ringan: Semakin banyak Anda makan, semakin sulit bagi Anda untuk tetap terjaga dan semakin tidak produktif Anda!

Subhanallah! ada imbalan besar yang bisa diperoleh dalam 10 malam yang diberkati ini. Allah (swt) memiliki pengetahuan tersembunyi tentang malam yang tepat dari rahmat bagi kita. Ini memungkinkan kita untuk meningkatkan ibadah kita dalam mencari malam yang mulia ini dengan berdoa, melakukan zikir dan doa dan pada gilirannya dosa-dosa kita diampuni dan mendapatkan banyak pahala.