Beberapa dari kita berada dalam situasi yang sedikit memalukan: kita melakukan sholat Ied dan Imam memulai sholat dengan takbir pertama. Dia kemudian memanggil takbir kedua, dan berpikir ini sama seperti doa lainnya, kita membungkuk ke dalam rukuh, hanya untuk mengetahui bahwa semua orang masih berdiri. Banyak dari kita tidak mengerti aturan di balik sholat Ied dan seringkali bisa sampai ke masjid dengan sangat membingungkan, dan akibatnya, kita sholat salah.

1. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa tidak ada doa nafl (sukarela) yang ditawarkan sebelum atau sesudah sholat Ied. Seperti dilansir Ibn ‘Abbas (ra):’ Nabi (saw) pergi ke tempat shalat pada Hari Fitri dan shalat dua raka’ah sholat Ied, tidak sholat sebelum atau sesudah mereka ‘. (Bukhari)

2. Di awal shalat, niyyah (niat) harus dibuat. Niat ini harus ada di hati. Namun, jika Anda ingin mengucapkannya juga, Anda dapat melakukannya sebagai berikut, ‘Saya melakukan dua raka’ah Idul Fitri shalat’.

3. Dalam raka’ah pertama, Imam  akan mengatakan takbir ( Allahu Akbar ) untuk memulai shalat , setelah itu ia akan mengatakan beberapa takbir lagi. Jumlah pembeli dapat bervariasi, tergantung pada Imam mana yang Anda ikuti. Biasanya, Imam Anda akan menjalankan jumlah pembeli sebelum dimulainya shalat. Setelah ini, Surat al-Fatihah akan dibacakan diikuti oleh surat lainnya.

4. Selama raka’ah kedua Anda harus berdiri setelah Imam mengatakan takbir pertama , setelah itu takbir akan diulang beberapa kali. Surah al-Fatihah kemudian akan dibacakan, diikuti oleh surah lainnya.

5. Setelah shalat, Imam akan berbicara kepada orang-orang dalam khutbah (khotbah) . Ini bisa berlangsung di mana saja dari sekitar 10-30 menit, di mana Imam akan membahas masalah-masalah Islam yang penting. Adalah penting bahwa Anda mendengarkan khotbah.

Ingatlah untuk membayar Zakat al-Fitr (Fitrana) Anda sebelum dimulainya shalat Ied, sehingga orang miskin dapat diberi makan pada hari Idul Fitri. Zakat al-Fitr (£ 3,50 per orang) adalah wajib bagi setiap anggota rumah tangga Anda, termasuk anak-anak dan orang tua, dan tidak dapat ditebus jika diabaikan.

Kami harap Anda menemukan panduan singkat tentang sholat Idul Fitri ini bermanfaat. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang tindakan Sunnah yang dapat Anda lakukan di Idul Fitri di blog kami.

Dari kita semua di Tangan Muslim, kami ingin mengucapkan Idul Fitri yang indah. Semoga Allah (swt) menerima semua puasa dan doa kita dan membawa kita semua kebahagiaan tanpa akhir pada hari yang diberkati ini.