Cara Melakukan Wudhu yang benar sangat penting. Melakukan wudhu adalah langkah pertama dan esensial dari Shalah dan itu sendiri merupakan tindakan ibadah, oleh karena itu penting untuk memastikan itu dilakukan dengan benar. Pastikan untuk tidak menyia-nyiakan air dan tahu bahwa wudhu Anda menghapus dosa-dosa kecil.

Apakah Anda melakukan wudhu untuk pertama kalinya atau hanya ingin menyegarkan ingatan Anda, panduan langkah demi langkah kami membuatnya mudah.

BACA JUGA : Cara Melakukan Ruqya/Ruqyah/Rukiah pada diri sendiri dan rumah Anda.

Cara Melakukan Wudhu

1. Mulailah dengan mengatakan ‘Bismillah’.

2. Cuci tangan hingga pergelangan tangan hingga tiga kali.

3. Bilas mulut Anda tiga kali, putar air sekitar dan bilas hidung Anda tiga kali, tiupkan air menggunakan tangan kiri untuk mengeluarkan air dari hidung Anda. Rahasia sunnah ini adalah memungkinkan Anda memeriksa apakah airnya murni dan cukup bersih untuk digunakan untuk wudhu!
Cara Melakukan Wudhu
4. Buat niat Anda bahwa Anda sekarang melakukan tindakan fud (wajib) wudu.

5. Cuci wajah Anda tiga kali, dari garis rambut ke dagu dan dari telinga ke telinga, pastikan seluruh wajah, alis, di bawah hidung dan bibir dicuci. Seorang pria harus mencuci rambut janggutnya. Jika janggutnya tipis, ia harus memastikan air mencapai kulit, dan jika itu tebal ia harus mencuci permukaan dan menggerakkan jari-jarinya yang basah.

6. Cuci tangan dan tangan Anda dari ujung jari hingga siku tiga kali. Sangat penting untuk menghilangkan apa pun yang dapat mencegah air mencapai kulit yaitu adonan, lumpur, cat dll.
7. Usap kepala Anda mulai dengan tangan Anda di depan kepala Anda, bawa ke belakang kepala Anda dan kemudian kembali ke depan lagi. Sehubungan dengan rambut wanita, dia harus menyeka dari bagian depan kepalanya ke akar rambut di tengkuknya. Dia tidak perlu menyeka seluruh rambutnya.

8. Usap telinga Anda dengan meletakkan jari telunjuk Anda di telinga Anda dan usap punggung dengan ibu jari Anda. Lebih baik menggunakan air tawar untuk ini.

9. Cuci kaki Anda tiga kali hingga pergelangan kaki, pastikan untuk menyeka di antara jari-jari kaki Anda dengan jari kelingking Anda. Jangan lupa bagian belakang pergelangan kaki Anda.
Cara Melakukan Wudhu, terakhir
10. Akhiri wudhu Anda dengan doa – Ash-hadu ‘an laa’ ilaaha ‘illallaahu wahdahu laa shareeka lah, wa’ ash-hadu ‘anna Muhammadan’ abduhu wa Rasooluhu.

Saya bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah, yang tidak memiliki pasangan; dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.
yawanah.com

Cara Melakukan Wudhu

Memiliki air bersih untuk melakukan wudhu adalah berkah. 

Sayangnya, ada banyak orang di dunia yang tidak memiliki akses ke air bersih dan aman. 

Apa waktu yang lebih baik daripada Ramadhan untuk memberikan air, bentuk terbaik dari Sadaqah Jariya? 

Sumur sederhana dapat mengubah kehidupan keluarga yang membutuhkan.